Halaman

Sabtu, 18 Oktober 2014

7 Makanan Yang Wajib Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh


7 Makanan Yang Wajib Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Advertisement
Makanan turut serta menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari beragam jenis penyakit berbahaya selain berolahraga. Beragam jenis makanan yang tersedia belum tentu sehat, beberapa diantaranya justru berbahaya bila tak diolah secara tepat. Bila ingin tetap bugar sepanjang hari, berikut daftar makanan yang wajib dalam menjaga kesehatan tubuh.
7 Makanan Yang Wajib Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh
Lemon
Satu buah lemon siap memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 100% yang meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menguatkan tulang. Kandungan lain bermanfaat bagi tubuh adalah flavonoid sebagai anti peradangan dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Cara terbaik penyajian yakni campur potongan lemon ke secangkir teh hijau hangat.

Brokoli
Selalu menyertakan brokoli ke daftar menu makan harian karena kaya vitamin C dan K, dua senyawa penting yang menutrisi pembentukan tulang serta bantu mencegah pembentukan sel-sel kanker. Memasak brokoli dengan microwave merupakan cara penyajian terbaik dibandingkan rebus atau kukus.

Coklat hitam
Popularitas coklat hitam atau dark chocolate terus meningkat sebagai makanan yang wajib dalam menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi 1/4 ons setiap hari akan mengurangi tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat. Makan dark cholocate original jauh lebih baik daripada milk chocolate karena kaya flavonoid.

Salmon
Ikan kaya kandungan asam lemak omega 3 yang mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan depresi. Salmon mengandung niacin yang mencegah resiko penyakit Alzheimer ataupun penurunan daya ingat. Perhatikan cara penyajian, lebih baik kukus atau bakar daripada goreng.

Walnut
Kacang walnut merupakan makanan ringan yang wajib dalam menjaga kesehatan tubuh, sumber asam lemak omega tiga yang mengurangi kadar kolesterol jahat, melawan kanker, meningkatkan mood dan melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Walnut sangrai itu lebih baik daripada goreng sebab khasiatnya tak akan berkurang.

Alpukat
Buah tropis kaya kandungan lemak sehat yang menurunkan kadar kolesterol darah hingga 22 persen. Memenuhi kebutuhan folat dan serat harian sehingga resiko penyakit jantung ikut menurun. Alpukat cocok dijadikan bahan campuran salad karena
meningkatkan penyerapan nutrisi penting yang dimiliki sayuran.

Bawang putih
Bumbu dapur yang mencegah pertumbuhan beragam jenis bakteri, menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Pakai bawang putih dalam penyajian makanan, namun jangan masak terlalu matang karena menghilangkan kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
Itulah daftar makanan yang wajib dalam menjaga kesehatan tubuh. Cara penyajian yang baik dan rutin dikonsumsi akan membuat tubuh terhindar dari beragam jenis penyakit berbahaya seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar