Halaman

Selasa, 21 Oktober 2014

Bermasalah Dengan Konsentrasi & Cara Mengatasinya, Tes di Sini!!

Bermasalah Dengan Konsentrasi & Cara Mengatasinya, Tes di Sini!!

Bagaimanakah agar bisa fokus dan
konsentrasi? menarik jika mengetes
konsentrasi, bisa sambil latihan juga.
Permasalahan yang sering saya alami sulit
untuk fokus. Kurang fokusnya saya mungkin
dikarenakan dalam beberapa kegiatan atau
keadaan tertentu sering merasa cepat bosan,
sehingga menyebabkan kurang memperhatikan.
Hal tersebut jelas menyebabkan tidak fokus.
Penyebab lainnya karena tidak tertarik dengan
hal yang dibicarakan orang lain atau materi
yang disampaikan dosen misalnya, sehingga
saya akan mencari kesibukan lain. Kemudian
materi atau bahan bicaraannya sulit dipahami,
sehingga bagi saya hal tersebut harus diulangi
beberapa kali. selain itu jika sedang ada
masalah, terutama masalah keluarga pasti
menyebabkan tidak fokus untuk melakukan
suatu hal. Perkembangan teknologi juga
menyebabkan penurunan daya fokus seseorang,
misalnya saja sekarang ini HP sudah menjadi
barang sehari-hari yang setiap orang sudah
memilikinya. saat mengerjakan sesuatu jika HP
nya berbunyi reaksi pertama pasti
menghentikan pekerjaannya dan kemudian
mencari HP kemudian sesaat terpaku ke layar
HP, itulah yang sering saya alami.
Kurangnya fokus dan konsentrasi tersebut
merugikan kita jelasnya. karena hal itu saya
menjadi "lola" alias loanding lama atau
berpikirnya jadi lama. Saya sering malu jika
diajak bicara tidak nyambung dan sering
terjadi misscommunication. Orang lain menjadi
sebel dch. selain itu dalam mengerjakan
sesuatu hal juga menjadi lama, membutuhkan
waktu lebih.
Usaha saya agar tetap bisa fokus
1. agar bisa fokus dengan lawan bicara, yang
bisa dilakukan adalah berikan perspektif yang
baik terhadap apa yang dibicarakan lawan
bicara, perspektif bahwa saya akan tertarik
dengan yang dibicarakannya, sehingga saya
akan mendapatkan manfaat serta ilmu baru.
2. untuk fokus saat mengikuti kegiatan,
misalnya kuliah, pelajaran atau seminar dll.
pertama yang mungkin dilakukan adalah
pejamkan mata tarik nafas dalam-dalam lewat
hidung dan keluarkan perlahan lewat mulut,
seraya mencari satu titik fokus tujuan dan
meluruskan niat. ini adalah tips yang saya
dapatkan dari teman. dan layak dicoba.
3. Lebih teliti saat mengerjakan sesuatu,
mungkin bisa dilatih dengan mengisi TTS atau
permainan yang butuh ketelitian n fokus.
4. sering-selinglah olahraga. yang saya alami
setiap berangkat kuliah nyepeda saat sampai
kampus walaupun ngos-ngosan tetapi membuat
saya lebih bisa fokus. jadi sempatkanlah
berolahraga
5. banyak-banyak minum air putih. inilah hal
yang kuran saya perhatikan, karena kurang
minum saya sering menguap dan cepat
mengantuk, karena oksigen dalam otak kurang.
6. banyak-banyaklah membaca, karena jika
pengetahuan kita luas maka saat mengobrol
jadi lebih hidup.
Bagi Anda yang juga mengalami hal sama bisa
mencoba cara-car tersebut, atau pastilah
setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk
mengatasi masalah dalam hidupnya. bisa
sharing gtu.. hehe.. salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar