Halaman

Sabtu, 18 Oktober 2014

Beberapa buah yang banyak mengandung Vitamin C lebih dari buah Jeruk

Tubuh perlu beragam jenis vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin C. Meski bisa diperoleh lewat suplemen tambahan, vitamin C yang berasal dari buah-buahan seperti jeruk lebih direkomendasikan. Bagaimana bila musim jeruk belum panen? Ada pengganti sepadan, berikut ini daftar buah yang mempunyai kandungan vitamin c lebih tinggi dari buah jeruk!
Strawberry
Jambu
Satu buah jambu ukuran sedang mengandung 250 mg vitamin C, memenuhi dua kali kebutuhan harian. Alternatif buah yang cocok bila musim jeruk belum panen. Jambu sangat baik disertakan ke menu makan harian karena mengandung manganese, potassium, folic acid dan serat tinggi. Tersedia di pasar tradisional atau supermarket, harga per kilo ringan di kantong.
Kiwi
Buah eksotik asal Selandia Baru yang mengandung kadar vitamin C lebih banyak daripada jeruk serta dianggap sumber potassium seperti buah pisang dan kaya flavonoid. Menurut hasil studi para ahli kesehatan, anak yang makan satu buah kiwi setiap harinya punya sistem pencernaan lebih kuat dibandingkan anak yang tidak makan buah berwarna hijau ini.
Pepaya
Inilah buah yang mempunyai kandungan vitamin c lebih tinggi dari buah jeruk dan gampang dijumpai. Pepaya memenuhi kebutuhan harian vitamin C hingga 100%, terasa segar ditenggorokan bila dimakan selagi dingin atau jus plus es batu. Buah tropis ini termasuk sumber vitamin A yang diperlukan tubuh.
Stroberi
Selain kaya serat, stoberi termasuk sumber vitamin C yang melebihi jeruk. Tak hanya itu, buah merah ini terkenal kaya kandungan antioksidan yang melindungi jantung dari bahaya kolesterol jahat. Makan satu porsi buah stroberi memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian.
Melon
Buah beraroma lezat yang mengandung banyak vitamin C. Satu cangkir melon mengandung 67 mg vitamin C beserta potassium dan vitamin A. Sajikan ke segelas jus tanpa campuran gula tambahan. Satu porsi jus melon siap memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebesar 112%.
Acerola cherry
Buah merah mungil yang mengandung 65 kali vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Lebih cocok dimakan langsung dalam keadaan mentah atau disaji segelas jus plus es batu. Namun, buah cherry sangat sulit dicari bila sedang tak musim dan harganya tergolong mahal.
Itulah enam buah yang mempunyai kandungan vitamin c lebih tinggi dari buah jeruk, beberapa diantaranya mudah diperoleh dan musiman. Jambu dan pepaya lebih direkomendasikan, murah serta tersedia di pasar tradisional ataupun supermarket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar