Halaman

Sabtu, 08 November 2014

17 Manfaat Minum Air Putih

17 Manfaat Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih - Air memang penting merupakan bagi tubuh, karena tubuh manusia 80% diantaranya terdiri dari air. Tubuh manusia setiap waktu mengeluarkan air melalui keringat, pernafasan, dan buang air, maka dari itu air yang keluar tersebut harus diganti setiap hari untuk mndapatkan kesehatan optimal. Selain itu air juga membantu tubuh terhidrasi dengan baik, karana hampir setiap sel tubuh manusia membuthkan air untuk berfungsi dengan baik.

Manfaat Minum Air Putih

berikut beberapa Manfaat Minum Air Putih yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan :

1. Menambah Energi
Ketika tubuh kekurangan air, ada penurunan volume darah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah beroksigen dalam aliran darah, yang menyebabkan organ utama lainnya juga bekerja secara tidak efisien. Dengan demikian, minum air yang cukup dapat membantu tubuh Anda berfungsi lebih baik dan menambah energi.

2. Menurunkan Berat Badan
Minum dua gelas air sebelum makan dapat menekan nafsu makan, hal ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh membakar lemak, dan memperbaiki kerusakan sel dan peluruhan lemak.
Air bebas yang kalori juga merupakan pengganti yang baik untuk minuman berkalori tinggi minuman bersoda.

3. Membuang Racun
Karena air putih bersirkulasi dalam tubuh, maka racun dalam tubuh tersapu oleh air tersebut dan dibuang melalui keringat dan buang air.

4. Menyehatkan Kulit
Beberapa racun dalam tubuh dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan dapat membuat kulit berjerawat, dengan, karena air dapat membuang racun maka racun tersebut dapat terbuang. selain itu, air juga dapat melembabkan kulit, bercahaya dan halus serta menghilangkan keriput

5. Membantu Pencernaan
Minum air yang cukup dapat membantu tubuh mencerna makanan. hal ini membantu sistem pencernaan dan membuat usus bergerak dengan teratur. air hangat khususnya, baik untuk kesehatan pencernaan.

6.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Air dalam tubuh kita dapat menyeimbangkan cairan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek dan bahkan kanker dan serangan jantung.

7. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala
Jika anda merasa pusing atau migrain, banyak-banyaklah minum air putih, itu mungkin terjadi karena tubuh kekurangan air.
Menurut Studi European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi jumlah jam dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

8. Mencegah Kram dan Terkilir
Sebelum olahraga disarankan 2 jam sebelumnya minum air putih, karena minum air putih dapat membuat sendi yang terlumasi dan dapat menjaga otot lebih elastis, sehingga dapat mencegah kram dan terkilir.

9. Meningkatkan Mood
Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat mempengaruhi mood dan kemampuan berpikir.
Sebuah studi kecil yang dicobakan pada 25 wanita dan dipublikasikan di Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi mempengaruhi suasana hati dan fungsi fisik. Warna urine adalah indikator yang baik dari tingkat hidrasi. Semakin cerah warna, maka semakin sehat tubuh kita.

10. Menghemat Uang
Air Putih itu murah!, lebih murah daripada harus membeli cola maupun minuman lainnya yang berpotensi membuat gemuk!

11. Mencegah Sembelit
Air yang tidak seimbang dalam tubuh dapat menyebabkan sembelit, kaena usus besar menyedot air dari makanan yang anda makan, sehingga bila kita kekurangan air dapat membuat sisa makanan tersebut sulit untuk keluar.

12. Menyeimbangkan Suhu Tubuh
Jumlah air dalam tubuh yang seimbang juga membantu mengatur suhu tubuh. Sifat alami air dan kemampuannya untuk melepaskan panas dari tubuh saat keringat menguap dari permukaan kulit sangat membantu mempertahankan suhu tubuh.
Suhu tubuh yang seimbang juga dapat membuat Anda merasa lebih energik saat beraktivitas sehari-hari.

13. Mengatasi Bau Mulut
Bau mulut adalah salah satu tanda bahwa Anda mungkin tidak minum air yang cukup. minum air putih yang cukup dapat membuat mulut Anda lembab dan menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri. Hal ini juga mencairkan senyawa bau yang membuat bakteri mulut.

14. Bahan Bakar Otot
Berkeringat dapat menyebabkan otot kehilangan cairan, dan ketika otot tidak memiliki cukup cairan, mereka mudah lelah. jadi minum air putih dapat membuat otot anda lebih segar dan kuat kembali.

15. Menghilangkan Lelah
Dehidrasi merupakan penyebab utama seseorang lelah, minum air lebih banyak dapat membantu anda membang lelah.

16. Membantu Ginjal
Ginjal memproses 200 liter darah, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal perlu cairan yang cukup untuk membersihkan limbah dalam tubuh.

17. Meningkatkan Fungsi Otak
Sebuah studi di London menemukan hubungan antara seorang siswa yang membawa air ke kelas dan nilai yang lebih baik, penelitian tersebut menunjukkan bahwa air dapat membuat pikiran yang lebih jelas dan meningkatkan fungsi otak.


Jadi, kesimpulannya minum air putih setiap hari itu penting. Untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari air, pastikan untuk minum air putih 8 gelas sehari. selain itu cobalah mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang tinggi kandungan air. sekianlah artikel Manfaat Minum Air Putih, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar