Halaman

Senin, 02 Maret 2015

Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya


Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya - Kliping ternyata peminatnya tidak hanya siswa, namun kliping juga disukai dan dilakukan juga oleh mahasiswa dan bahkan para ibu rumah tanggapun juga banyak yang membuat kliping untuk koleksi masakan dan lain lain. Bagaimana dengan Guru ? Guru juga banyak sekali yang suka akan kliping, namun sekarang ini mungkin bapak ibu guru lagi disibukkan dengan aplikasi dapodik terbaru sehingga waktu untuk membuat kliping tidak ada. Apa sih yang membuat kliping disukai, sebenarnya apa sih kliping itu ?

Kliping merupakan kegiatan pengguntingan atau pemotongan bagian-bagian tertentu dari surat kabar, majalah atau sumber yang lain yang dianggap penting kemudian disusun dalam sistem tertentu dalam suatu bidang atau didokumentasikan.

Kliping dibuat dengan cara yang simpel atau mudah. Karena hanya diperlukan gunting, lem dan surat kabar ataupun majalah sebagai referensinya untuk dipasang dan dijadikan sampul. Seiiring perkembangan zaman pembuatan kliping pun bisa dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut :
Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya

1. Pembuatan kliping dengan menggunting gambar koran ataupun majalah untuk di ambil suatu berita
yang baru, kemudian ditmpel menggunakan lem di kertas hvs dengan mengumpulkan bebrapa berita dan gambar sebanyak2 nya, mungkin di zaman sekarang hal pembuatan kliping seperti ini dianggap ketinggalan dan ribet, tapi sebenarnya inilah pembuatan kliping yang sebenarnya.

2. Pembuatan kliping dengan hasil ketikan komputer, inilah cara yang paling prkatis bagi seorang siswa pelajar dalam pembuatan kliping ini, tinggal cara di
google indonesia, cari gambar dan pengertian yang sesuai dengan judul klipingya saja. Inilah cara yang mudah dalam pembuatan kliping. Tapi apakah diperbolehkan pembuatan kliping seperti ini?? tentunya tanyakan sama bapak ibuguru kalian masing masing, kalau saya sih boleh boleh aja

Inilah cara membuat kliping yang baik dan benar menurut kampus-info yang bisa dijadikan referensi untuk anda semua :
  1. Sebaiknya gunakan kertas dengan ketebalan yang sedang-sedang saja, karena kliping dengan kertas yang terlalu tebal akan terlihat kurang menarik sedangkan penggunaan kertas yang terlalu tipis akan membuat artikel sulit untuk tertempel secara rapi.
  2. Carilah berita atau informasi di koran atau majalah yang disesuaikan dengan tema yang ingin Anda kreasikan. Contohnya tema lingkungan hidup, kewirausahaan, seni budaya, maupun yang lainnya.
  3. Agar tidak merusak artikel, gunakan lem yang cepat kering.
  4. Pilih artikel yang memiliki gambar agar lebih enak dipandang dan lebih baik lagi jika gambarnya berwarna. Jika dalam artikel tidak memiliki gambar, usahakan cari gambar pada artikel lain yang masih relevan dengan artikel yang akan di muat, misalnya artikel mengenai melonjaknya harga-harga komputer di pasaran, kalau gambar komputernya tidak ada, bisa digantikan dengan gambar uang atau gambar-gambar yang masih berkaitan lainnya.
  5. Pilih cover yang selaras dengan artikel-artikel yang dibahas di dalamnya. Cover yang menarik akan membuat pembaca tidak jenuh saat membaca kliping yang telah Anda buat

Bagaimana mudah bukan ? yang penting asal kita mau belajar dan perlu pemahaman pasti kita akan merasa mudah untuk mengerjakannya sesuai kreativitas Anda demi memberikan tulisan kliping yang baik dan tentunya berguna. Silahkan diicoba dirumah setelah membaca ini ya ?
Itulah informasi artikel dari admin kampus-info yang bisa kami berikan pada anda semua. Semoga artikel Pengertian Kliping dan Cara Membuatnya bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar